Selasa, 11 Juli 2017

Aliran rasa "anak suka membaca"

Membaca merupakan kegiatan yang harus kita jadikan kebiasaan, jika kita menginginkan anak mencintai buku.

Masih ingat pepatah jawa mengatakan "witing tresno jalaran soko kulino" suka itu berawal dari kebiasaan.

Dan jika saat ini kita membiasakan anak kita untuk mencintai buku, suka membaca dan segala hal baik lainnya yang kita biasakan setiap hari. Maka kita dan anak  akan melakukan segala kebiasaan itu dengan mudah dan ringan penuh dengan suka cita, penuh keikhlasan dan rasa cinta.

Semoga apa yang saya lakukan sekarang bukan semata karena keinginan saya di zaman dahulu ketika saya belum menikah dan mempunyai anak. Saya berniat agar anak-anak saya kelak menjadi seorang yang gemar membaca dan mencintai buku, seperti yang saya lakukan dahulu.

Saya suka membaca khususnya Buku - buku fiksi seperti novel, cerpen dll tapi kurang suka komik hee

Nah..dari aktifitas membaca yang sudah sekian lama saya lakukan, tidak terfikir bahwa passion saya itu adalah menulis. Tepatnya saya baru menyadari bahwa saya suka menulis selain suka membaca setelah saya menjadi  full time mom. Aneh memang kelihatanny, tapi itulah kenyataannya.

Dari buku saya banyak belajar, dengan membaca buku saya di bawa berkeliling dunia, dengan membaca buku saya di ajak menulusuri tempat dimana kejadian dalam buku itu berada dan seakan kita pun benar-benar berada disana.

Kebiasaan anak-anak sekarang yang lebih menyukai bermain playstasion di bandingkan dengan membaca buku dan mendengarkan dongeng, menjadi alasan terbesar saya untuk terus dan terus mengenalkan buku sama anak dan sebisa mungkin aktifitas membaca dan mendongeng itu di jadikan aktifitas harian rutin.

Saya merasakan dampak positif yang luar biasa dari aktifitas membaca ini, selain menambah wawasan dan kosakata anak bisa juga sebagai sarana untuk membangun bonding antara orangtua dan anak, khususnya dengan sang ayah yang intensitas bertemunya bisa dibilang jarang.

Dan sampai detik ini pun saya masih berfikir bagaimana caranya agar anak-anak di lingkungan tempat tinggal saya bisa mencintai buku, berharap dan terus berharap semoga tuhan memberikan jalan kemudahan.

Teringat dan selalu teringat, mencari dan meraba tentang misi yang allah berikan kepada keluarga kami sehingga kami di tempatkan disini, agar keberadaan kita di muka bumi ini bisa bermanfaat untuk banyak orang.

"Khairun nass anfauhum Linnas"

Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar