Senin, 18 September 2017

Cerdas finansial hari ke 4

Setiap hari mama ingin selalu menanamkan kebaikan untuk si kecil, cara yang paling mudah mama lakukan yakni dengan mengajaknya bercerita, bertanya dan saling menjawab. Menambah kedekatan antara orangtua dan anak, bahagia ketika apa yang kita sampaikan bisa di fahami oleh si kecil dan jika itu baik dia pun bisa mengamalkannya.

Di usianya sekarang ini memang dia suka meniru, apapun yang dia dengar dan dia lihat akan di tiru tanpa mengetahui bahwa itu baik atau buruk. Jadilah kita sebagai orangtua harus menyeimbangkan peran lingkungan sekitar dan prinsip-prinsip keluarga, menjadi hal yang wajar juga ketika si kecil ingin bermain bersama teman-teman sebayanya dan dari situlah berbagai hal dia dapatkan.

Berkaitan dengan konsep rezeki yang ingin mama tanamkan pada diri si kecil, bahwa semua yang kita punya adalah milik allah dan kita sebagai manusia hanya dititipi kelak allah akan mempertanyakan kepada kita, walaupun mungkin si kecil belum begitu faham dengan konsep rezeki secara arti dan istilah, biasanya mama contoh kan dengan hal-hal yang dekat dengan kita, seperti rumah ini milik allah, motor ini milik allah dan semua yang ada di dunia ini milik allah.

Si kecil menimpali, uang itu tidak untuk mandi yah? Berusaha mencermati kalimat si kecil, oh iya. .ini adalah gambar yang barusan dia lihat dari buku seri asmaul husna yang mencontohkan orang yang gila harta dengan gambaran mandi dengan uang, padahal ada peminta-minta di depan rumahnya.

Si kecil pun akan juga bilang bahwa kita harus ngasih oranglain uang, mama membenarkan. Bahwa kita harus berbagi, karena harta yang kita miliki juga bukan punya kita, itu juga miliki allah.

Berusaha untuk menanamkan rasa cinta sedekah kepada si kecil, tidak membelanjakan uang dengan boros dan jika ingin membeli sesuatu kita harus bersusah payah dulu, kita harus nabung dahulu. Begitu yang ingin mama ajarkan, semoga membawa kebaikan untukmu nak. .dan juga untuk keluarga kita amin

#harike4
#tantangan10hari
#kuliahBunsayIIP
#level8
#cerdasfinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar