Jumat, 20 Januari 2017

Budaya suku jawa "jawa tengah"

Setiap daerah mempunyai keunggulan masing-masing, begitu halnya dengan suku-suku yang ada di indonesia. Sekiranya ada 15 suku yang ada di negara indonesia mulai dari suku bali, bugis, jawa, sunda, betawi, sasak, tinghoa, madura, banten, batak, banjar, melayu, aceh, dayak, minangkabau.
Dan yang paling banyak penduduk nya adalah suku jawa sekiranya suku jawa sendiri juga di bagi menjadi beberapa daerah yakni jawa timur, jawa barat dan jawa tengah. Masing-masing mempunyai keunikan tersendiri seperti jawa tengah dengan kesenian seperti gamelan yang sekarang menjadi mata kuliah khusus untuk mahasiswa di perguruan tinggi di amerika, ini merupakan akulturasi budaya yang kita sendiri sebagai pemilik dari budaya itu harus bangga dan jangan sampai kasus klaim budaya oleh bangsa lain terulang kembali, perlunya kita memahami budaya bangsa sendiri sebagai wujud kecintaan dan kebanggan kita terhadap budaya bangsa sendiri.
Dewasa ini banyak remaja yang bangga ketika mengikuti gaya dan budaya orang barat, mereka bangga menggunakan lifestyle orang lain, sehingga kita mengabaikan nilai-nulai luhur budaya kira sendiri yang sarat makna sehingga kita tidak bangga dan acuh dengan budaya sendiri, padahal mereka orang barat yang menjadi kiblat fashion atau yang lainnya mereka lebih tertarik mempelajari budaya kita, sayangnya kita tidak bangga dengan budaya bangsa sendiri.
Perlu penanaman kesadaran kembali kepada para pemuda dan remaja saat ini dan sangat setuju ketika kurikulum di sekolah di tingkat SMA yang mewajubkan mata pelajaran bahasa jawa, berbeda ketika saya SMP tahun 2003 pelajaran bahasa jawa hanya di berikan sampai jenjang SMP saja.
Budaya jawa, khususnya jawa tengah selain kesenian seperti gamelan, tari-tarian juga masih kental dengan "kejawen" biasanya dikaitkan dengan spiritualitas, contohnya seperti ketika peringatan maulud nabi Muhamad SAW di daerah saya tegal jawa tengah tepatnya di kecamatan bumijawa, ada satu ritual rutin setiap tahun di malam tanggal 12 maulud pada kalender jawa, yakni malam di mana nabi muhammad di lahirkan. Masyarakat desa bumijawa kec. Bumijawa kab. Tegal masuk dalam wilayah jawa tengah. Jawa tengah merupakan salah satu wilayah di jawa yang merupakan salah satu suku dari ke 15 suku diindonesia.
Satu keunikannya yakni...
Baca terus yah..
Kita lanjut di tulisanku berikutnya..
#budayaungguindonesia
#budayajawa
#jawatengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar