Kamis, 26 Januari 2017

Komunikasi produktif "day 3"

Hari ketiga di tantangan komunikasi produktif saya mencoba berbincang dengan si kecil Azharil (3,7 tahun) yang sebentar lagi masuk PAUD insyallah..banyak banget kita ngobrol aku tanya dia jawab selalu ada jawaban begitu sebaliknya, yang menggelikan seperti tadi
Mama : Azharil mau punya dedek Tidak?
Azharil : mau..
Mama: cowok apa cewek?
Azharil : cowok..dengan nada khasnya
Mama : cewek ajalah
Azharil: cowok ( mulai ngeyel)
Mama: ( nyerah deh..) kenapa cowok?
Azharil : sebab...( khas ipin upin), lama aku tunggu..sebab..bisa minum susu
Mama : *$#@%&;"*&
Polosnya si kecil, kadang kita tanya apa jawabnya apa haduhh ngga nyambung banget ini, kadang juga butuh waktu untuk mencerna apa yang di ucapkan..tapi jangan sampai kita menyepelekan anak dengan bicara "ngomong apaan sih? " itu udh menyakitkan hati anak, kita hanya butuh beberapa detik untuk mencernanya kok, bersabarlah.. tidak usah langsung di sanggah begitu, kadang kita sebagai orangtua pun harus sering- sering mengajaknya ngobrol, bisa kita yang mendahului bertanya atau biasanya anak kan suka bertanya di jawab eh..tanya lagi.. Terus tanya lagi tidak ada habis nya,  dengan seringnya kita berkomunikasi dengannya insyallah kedekatan kita semakin rapat, bahasa kerennya bisa bangun bonding gitu..
Dan..komunikasi produktif itu bukan hanya antara suami dengan istri saja, bisa juga ibu dengan anaknya, bisa juga buat forum ada anak ibu dan bapak. Begitulah.. Serunya berkomunikasi apalagi dengan anak-anak selalu ada sesuatu yang baru.
Kita belajar bersama yah sayang..
#hari 3
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#bunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar