Senin, 30 Januari 2017

Komunikasi produktif "day 8"

Hari ini niatnya mau survey sekolah PAUD untuk persiapan anak masuk sekolah, alhamdulillah setelah mandi, sarapan dan bersih-bersih berangkatlah kita ke sekolah pertama yang sebelumnya sudah ditunjukkan teman, tidak jauh juga dari rumah tapi karena belum tahu saya harus tanya sana sini dahulu, tibalah kita di sekolah yang dituju dan saya mengutarakan apa yang menjadi maksud kedatangan. Dan benar saja ketika saya mengajak anak masuk untuk melihat-lihat suasana sekolah, oke..responnya datar dan tidak mau turun sama sekali. Maunya di gendong terus, oke..fikirku masih awal tempat baru dan butuh adaptasi. Walaupun Azharil tergolong anak yang super aktif tapi kalau di tempat baru juga perlu waktu untuk beradaptasi.
Setelah mendapatkan rincian biaya sekolah dan brosur untuk ditunjukkan ke abahnya Azharil nanti sepulang dari kantor, rencana saya mau mampir ke toko sebentar dan pulang. Eh..sambil lewat kita lihat ada PAUD dan mampirlah kita disana, sama seperti di sekolah sebelumnya saya bertanya ini itu tentang program sekolah, biaya dll tapi berbeda respon anakku karena disini permainan seperti prosotan, jungkat jungkit dll di taruh di depan turun dari motor langsung antusias main ini dan itu, semangat sekali. Agak lama kita disana melihat-lihat dan Azharil ikut bermain-main, sempet juga di ajak ibu guru besok ikut ke pemadam kebakaran.
Setelah itu kita pulang, di jalan saya mencoba berkomunikasi dan bertanya sama anak, sekolah mana yang dia pengin dan dia menjawab sekolah yang kedua. Saya sih sebagai orangtua siap mendukung, memfasilitasi dan mendo'akan apa yang menjadi keinginan anak, dan disini saya juga belajar bagaimana saya mengajak anak untuk mengunjungi satu sekolah dan sekolah yang lain dengan kegiatan-kegiatan di dalamnya, sehingga ketika nantinya dia masuk sekolah dengan hati bahagia dan ikhlas bahwa disitu sekolah yang dia mau, bukan hanya keinginan orangtua yang mendengar dari teman-teman kalau disana itu yang terbaik.
Begitulah komunikasi itu harus terus di bangun apalagi dengan anak, walaupun dia makhluk kecil, bukan berarti kita mengabaikannya dan harus menurut saja dengan apa yang diinginkan orangtua.
Terus belajar sama mana yah nak..
#harike 8
#tantangan 10 hari
#komunikasiproduktif
#bunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar