Senin, 22 Mei 2017

BERFIKIR SKEPTIK

Manusia kini tidak bisa terlepas dari media sosial, setip hari selalu disibukkan dengan smartphone. Dari mulai bangun tidur sampai mau tidur lagi, banyak juga yang menggunakan ponsel hanya untuk sekedar saja. Mungkin untuk bermain game online, melihat status seseorang, membacanya kemudian mengomentarinya.
Dewasa ini banyak status-status yang nyeleneh, kemudian ditanggapi oleh orang lain yang nyeleneh juga, ditambah lagi tambah lagi dan akhirnya banjir komentar tidak bisa dihindari. sehingga menjadi permasalahan yang akar masalahnya tidak bisa terlihat jelas.
Tekhnologi bisa membawa dampak posistif dan negaif, sebagai dampak negaif yang begitu nyata terlihat yakni adanya perang komentar yang itu tidak ada ujungnya, bukankah kita sudah diingatkan untuk menjadi orana yang skeptik. ketika menerima sebuah berita, tidak di telan mentah-mentah tetapi kita telaah lebih jauh terlebih dahulu, kita kaji terlebih dahulu darimana sumber tulisan itu berasal,  jika sumbernya bisa dipertanggungjawabkan, silahkan kita boleh share.
Saat ini kita lebih suka atau tepatmya tidak suka mencari kebenaran terlebih dahulu, sehingga memudahkan bangsa ini untuk di hasut dan di adu domba, segala informasi yang kita dengar dan kita baca sekilas. Langsung saja kita share, nah..ini salah satu yang menimbulkan permasalahan dalam dunia per online  an, dan masyarakat tidak menyadarinya bahwa dengan hal seperti ini akan menimbulkan permasalahan bahkan perang komentar dan entahlah apalagi yang akan terjadi.
Marilah kita menjadi manusia yang melek tekhnologi, sudah tidak zamannya lagi kita gaptek (gagap tekhnologi) tetapi kita pun harus menjadi manusia yang bisa memanfaatkan tekhnologi untuk hal-hal yang positif, dan bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan oranglain.
Tidak turut serta untuk berkomentar jika dirasa itu tidak perlu, dan tidak pula merasa sok tahu dengan ikut berkomentar tentang sesuatu yang sebenanarnya kita belum atau bahkan tidak tahu, tidak perlu kita bergunjing secara online seperti ini.
Yah..bergunjing secara online, karena kita menggunakan media sosia. Berbeda dengan bergunjing ala ibu-ibu komplek yang batasnya sekitar komplek tempat tinggal mereka saja, tetapi jika bergunjing onlie seluruh dunia mengetahui, dan seluruh dunia ikut bergunjing. Sungguh berbahaya sekali.
Cara cerdas yang akan saya lakukan ketika terjadi perang komentar, saya lebih baik memilih diam, itu yang pertama. Jika kita tertarik untuk membaca berita yang sedang viral dan menjadi pembicaraan hangat di media sosial, saya harus membaca dari berbagai pendapat, mencari kebenaran dari berita tersebut dan selalu mengingat tuhan bahwa semua yang ada di dunia ini bermuara dari tuhan.

Bisa jadi dengan adanya berita yang sangat viral sekarang kemudiam terjadilah banjir komentar,  jika kita mau mengambil pelajaran dari sebuah peristiwa maka kita akan mudah menjadi orang yang berhati-hati dalam melakukuan sesuatu, selalu berfikir sebelum bertindak. Dan selalu jadilah orang yang skeptik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar