Senin, 22 Mei 2017

BIJAK MENGGUNAKAN INTERNET




Hidup tanpa internet tidak akan menjadi masalah bagi sebgaian orang, tetapi bagi sebagian yang lain mungkin menjadi masalah tersendiri, ketika seseorang sudah mendapatkan manfaat dari adanya internet pasti akan merasakan hal yang aneh ketika tiba-tiba hidupnya tanpa internet.
Sekarang ini banyak orang yang memanfaatkan interenet untuk bisnis, untuk berkomunitas dan hal-hal posistif lainnya yang itu membawa kemanfaatan sendiri, baik untuk pribadi seseorang tersebut, keluarga dan oranglain.
Bijak menggunakan internet masih menadi hal yang perlu kita tanamkan dalam diri kita, tuhan sudah menentukan jalan hdiup manusia, dan kita timggal menjalankannya. Kembali kepada sang pencipta dan segala aturan-aturannya itu adalah cara terbaik agar kita tidak hanya ikut-ikutan  hal yang tidak ada manfaatnya.
Ketika saya mengadakan survei kecil-kecilan lewat media sosial facebook, ada yang berpendapat bahwa tidak maslah kita tidak menggunakan internet, dahulu kita hanya ber sms ria dan bisa menyimpan pesan orang yang kita cintai di kotak tersimpan, kemudian kita bisa baca-baca ulang dan itu sudah satu kepuasan luar biasa. ada juga yang yang berkomentar tidak masalah juga ketika tidak ada lagi akses internet, kita kembalikan lagi ke buku sebagai sumber informasi.
 Ada juga yag berkomentar ketika tidak ada internet, mungkin kita tidak bisa beretemu seperti sekarang ini. Kalau tidak ada internet saya tidak bisa berjualan online lagi.
Dari beragamanya komentar itu kita bisa melihat, bahwa adanya internet itu ternyata banyak membawa efek positif juga, walaupun banyak pula efek negatif yang ditimbulkan.
Semua kembali kepada manusia itu sendiri. Ada atau tidak adanya internet jika manusia itu bisa berfirkir dan belajar tidak akan menjadi hal yang aneh dan merugikan, tekhnologi itu buatan manusia. Dan kita yang harus memanfaatkannya bukan ebaliknya kita sebagai manusia penciptanya justu di manfaatkan olehnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar