Jumat, 19 Mei 2017

Me and my book


Ketika di tanya buku apa yang paling kamu sukai sewaktu kecil? aku harus berfikir keras tentang hal yang satu ini, karena sewaktu kecil tidak ada ingatan yang melekat tentang buku. Karena ibuku tidak membiasakan aku untuk membaca buku dan mengajarkanku untuk mencintai buku.
Ibuku sibuk bekerja untuk menghidupi keluarga, sehingga untuk masalah remeh temeh berkaitan dengan pengasuhan dan pendidikan anak tidak begitu difikirkannya, baginya di sekolah saja sudah cukup untuk belajar. Makanya aku ingin mengubah pola asuh orangtuaku yang satu ini.
Seingatku, aku mulai mencintai buku dan suka membaca ketika memasuki sekolah menengah pertama dan begitu keranjingan membaca buku ketika masuk sekolah menengah atas, sering waktu ku habiskan berjam-jam di perpustakaan, membaca semua buku tanpa tebang pilih. Buku fiksi atau non fiksi aku baca, walaupun ada kecenderungan lebih menyukai novel-novel romantis gitu deh, kalau itu sih sampai sekarang hee
Kemudian setelah aku mencintai buku dan menyukai membaca, sehingga dalam hati aku bertekad agar kecintaan terhadap buku ini ingin aku tularkan juga ke anakku. Dan subhanallah..anakkku sekarang mulai mencintai buku, terbukti di suatu pagi dia bangun tidur, yang dipegang dan di cari adalah buku setelah dia menemukan buku dia langsung meminta mama untuk membacakan.
Ketika akan tidur kadangkala juga meminta mama membacakan buku, dan saat dia sudah on focus sama buku, semua buku ingin dia ketahui isinya. Pernah juga buku glosarium pengin dia tahu isinya, baiklah.mama ceritakan dengan bahasa anak-anak.
Buku memang masih sebagai jendela dunia, mencintai buku berarti mencintai ilmu, ketika manusia mencintai ilmu hidupnya akan di penuhi kebahagiaan. Buku merupakan sarana belajar yang paling tepat, dahulu hingga sekarang.
Tetapi kini dengan adanya media sosial dan banyaknya ebook gratis sehingga orang-orang lebih suka membaca lewat layar smartphone ketimbang membaca langsung di bukunya, yang sebetulnya mempunyai manfaat lebih di banding membaca dari layar monitor.
Aku mencintai buku dan aku suka membaca buku, banyak imu yang aku dapatkan. aku juga ingin semua anak mencintai buku dan mereka bahagia ketika bersinggungan dengan buku, salah satu cita-cita yang masih terpendam. Membuat taman baca masyarakat, yah agar masyarakat bisa memperoleh ilmu dari buku-buku yang mereka baca.
Buku membawa banyak perubahan dalam hidup seseorang, dan tidak ada buku yang tidak bagus menurutku. Sebuah buku di tulis oleh penulisnya dengan bersusah payah sehingga menghadirkan sebuah tuisan-tulisan yang menginspirasi banyak orang.

Dan akhirnya aku akan terus mencintai buku sampai kapan pun, hingga akhirnya aku pun menghasilkan karya-karya lewat tulisan. Dan hal itu akan terus bermanfaat untuk banyak orang, sehingga pahala seorang penulis itu juga akan terus mengalir dari kebermanfaatan karyanya, bahkan ketika dia sudah berada di alam yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar