Selasa, 14 Maret 2017

Aliran rasa " melatih kemandirian anak"

Melatih kemandirian anak itu butuh usaha yang maksimal, dan kesabaran yang super ekstra. karena tidak jarang dalam prakteknya ketika kita mengingingkan anak untuk melakukan hal-hal yang biasanya tergantung dengan kita, dan tiba-tiba kita harus mulai mengedukasi si kecil untuk bisa mengerjakan sesuatunya sendiri, sesuai dengan tahap perkembangannya tentunya. seperti anakku yang berusia 4 tahun, 10 hari tantangan di level kedua, bunda sayang. benar-benar menguras segenap tenaga untuk ekstra bersabar ketika mendapati kenyataan tidak seindah impian, yah...impian kita anak akan mudah menerima sugesti kita, dan bisa menjalankan semuanya dengan baik, ternyata apa yang terjadi si kecil malah menjadi susahnya minta ampun, tapi kadangkala si kecil juga nurut dengan ibunya, mungkin tergantung mood kali yah, hee. 

melatih kemandirian anak tidak hanya berhenti di tantangan 10 hari ini saja, tetapi kebiasaan itu harus senantiasa di latih setiap hari sehingga nantinya si kecil bisa mandiri dan tidak selalu tergantung pada orang lain buang jauh deh perasaan kasihan ketika melihat si kecil bersusah payah memakai baju misalnya, bukan kita tega membiarkannya kesusahan tetapi justru ini untuk melatih kita juga sebagai orangtua agar bisa percaya sama anak, bahwa sebenarnya dia mampu, bersabarlah bunda. karena anak-anak itu perlu di perlakukan dengan sabar.

mungkin pernah juga suatu ketika saat melatih kemandirian anak, ada hal-hal yang menjengkelkan bahkan hingga kita meledak serta tidak bisa mengontrol emosi, sekali lagi kunci untuk melatih kemandirian anak itu adalah bersabar dan selalu bersyukur, dengan sekecil apapun perubahan si kecil. dari pengalamanku melewati 10 hari tantangan melatih kemandirian anak, ada saat anak tidak bisa dirayu dan di beri contoh untuk melakukan satu bentuk kemandirian masih seenaknya dan semaunya sendiri, itu yang kadang bikin kita gemes yah bun.. contohnya mandi sendiri, pengalaman anakku sampai tantangan 10 hari ini selesai pun masih butuh kesabaran ekstra untuk terus mengedukasi dan melatih si kecil untuk mandiri, di sisi lain ada perkembangan pesat luar biasa ketika si kecil kita percaya dan kita latih kemandirian dalam hal memakai baju sendiri, dan berhasil dengan sempurna si kecil bisa memakai baju sendiri, bahkan kaos dalam serta celana dalamnya juga, itu satu perkembangan luar biasa yang perlu kita apresiasi juga.

sebagai orangtua kita tidak harus hanya fokus pada kekurangan si kecil saja, tetapi abai dengan prestasi-prestasi yang di buatnya, sekecil apapun kebaikan yang dia buat, yuk...bunda kita hargai dan kita beri reward sesuai usahanya, reward tidak harus berupa mainan yang mahal, atau kita ajak di pergi jalan-jalan keluar kota bahkan keluar negeri, itu malah jadi berlebihan menurutku, kita bisa kok memberinya pujian serta ciuman dan pelukan si kecil pasti sudah bahagia sekali, lihat saja dari ekspresi wajahnya.

jangan pernah lelah membersamai si kecil bunda, bersabar dan bersyukurlah kita telah diberikan amanah seorang anak yang pintar dan lincah, semoga allah juga senantiasa menjadikan kita ibu teladan buat anak-anak kita. amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar