Kamis, 23 Maret 2017

Hari kedua " My Family project"


Semalam si kecil azharil (4 tahun) bersama abahnya sudah start membacakan buku, dan alhamduillah berjalan lancar buku yang di bacakan untuk malam ini berjudul “ AKU BERANI TIDUR SENDIRI” seri hallo balita, sebenarnya untuk buku hallo balita ini telah lama kami miliki dan sering juga si kecil di bacakan, tapi tidak rutin dan tergantung mood ibunya, aduh..parah kalau ini. Makanya kebiasaan baik haruslah kita tanamkan sedini mungkin. Insyallah..
Dan alhamdulillah abahnya si kecil pulang cepat, artinya tidak ada pekerjaan di luar kantor yang membuat pulang malam, pas  selesai adzan maghrib beliau pulang, dan setelah jama’ah shalat maghrib selesai kita sempatkan baca dzikir dan wirid kemudian ibu dapat telepon dari nenek, akhirnya sementar ibu menelepon abah dengan sigap menemani si kecil untuk membacakan buku berjudul “AKU BERANI TIDUR SENDIRI” setelah selesai saya mencoba bertanya kepada si kecil buku apa yah yang tadi di bacanya? Terus dia menunjukan bukunya, kemudian aku mencoba mengulangi membacakannya lagi. Dan ketika di tanya apakah azharil mau tidur sendiri???dia menjawab “ engga..takut.” hehhehe katanya masih takut, yah...okelah tujuan yang pertama ketika saya mendidik anak yakni dengan cara mengedukasi terlebih dahulu, saya berusaha menyesuaikan dengan perkembangan anak, jangan sampai ketika niat baik kita ingin anak menjadi pintar, malah tidak sesuai dengan masa perkembangan anak yang sesungguhnya, bisa jadi terlalu cepat atau bahkan terlalu lambat.

Adanya tantangan 10 hari ini, nantinya tidak bisa menjadi tolak ukur sebuah keberhasilan dan kebahagiaan keluarga, manakala hanya dijalani dengan sekedar dan tidak di lakukan dengan tulus dan ikhlas. Apalagi tidak menjadi sebuah habit ( kebiasaan), saling sambung menyambung sebetulnya dari tantangan yang pertama, kedua dan ketiga artinya seluruh anggota keluarga berperan aktif dalam prosesnya, mungkin ada yang hanya sekedar menggugurkan kewajiban, menulis review kegiatan dan selesai tantangan selesai juga melatih anak, aduh...sayang jika tidak berlanjut. Padahal mungkin sudah ada satu perkembangan yang terlihat dari 10 hari melatih kemandirian anak misalnya, atau dari 10 hari di tantangan pertama komunikasi produktif dengan pasangan, dan di tantangan yang ketiga ini juga tantangan-tantangan berikutnya semoga kita bisa konsisten. amin.
Bunda sayang
My Family My team
Ibu Profesional
IIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar